X5shz4aTNkOxOgSqfJsdczLtDoEY02WZt1PBqrhc
Anda Ingin Berwisata? Dan Mencari Transaksi Booking Online yang 100% Aman dan Terpercaya? Kami Solusinya. Kami menawarkan Paket Wisata Murah Jogja, Karimunjawa, Bromo, Bali, Lombok, ataupun Paket Honeymoon/Bulan Madu. Paket Liburan Murah kami selalu memberikan ASURANSI untuk setiap perjalanan. Paket Tour kami tersebar pada beberapa titik strategis di seluruh Nusantara.

Fakta-fakta Seputar Gunung Bromo

Fakta-fakta Seputar Gunung Bromo
Gunung Bromo
Fakta-fakta Seputar Gunung Bromo -
Untuk orang yang tinggal di daerah pulau Jawa tentu sudah sangat mengenal bagaimana Gunung Bromo dan fakta-fakta seputar gunung Bromo yang mana seperti yang kita ketahui, Gunung yang satu ini yakni salah satu Gunung berapi yang sudah tua namun masih aktif dan sering menjadi tujuan objek wisata. Tentu sangat berbahaya untuk melakukan wisata ke Gunung berapi yang masih aktif, namun uniknya gunung ini menjadi objek wisata karena gunung ini masih dalam keadaan aktif dan juga budaya kuno yang masih dilestarikan.

Penduduk sekitar gunung bromo pun masih mengikat erat tali budaya mereka dengan sangat kuat. Suku Tengger yang menjadi penduduk sekitarnya percaya bahwa Gunung ini merupakan Gunung yang suci. Adapun beberapa fakta mengenai Gunung Bromo yang wajib Anda ketahui yakni sebagai berikut:

-         Gunung bromo masih dihuni oleh penduduk yang menjunjung tinggi adat istiadat mereka, dimana suku Tengger ini seringkali masih mengadakan upacara di bagian bawah kaki Gunung Bromo hingga sampai ke puncak Gunung. Biasanya upacara yang dilakukan oleh Suku Tengger ini dilakukan pada tengah malam dini hari tepatnya jika ada bulan purnama. Oh iya, jika Anda belum membaca artikel kami sebelumnya seputar Alasan Kenapa Berwisata di Gunung Bromo Harus Malam Hari? Anda bisa membacanya disini.

-         Selain itu juga Gunung ini mempunyai ketinggian yang cukup luar biasa yakni hingga 2.392 meter diatas permukaan laut yang mana mencakup 4 wilayah yang ada di Jawa Timur sekaligus diantaranya yakni Probolingo, Pasuruan, Lumajang dan juga Malang. Mengenai bentuk Gunung Bromo itu sendiri menyerupai lembah dan ngarai yang luas yang mana luasnya mencapai 10 kilometer persegi.

Dibagian tengahnya pun terdapat kawah yang mana panjangnya kurang lebih 800 meter dan untuk lebarnya yakni sekitar kurang lebih 600 meter. Adapun daerah berbahaya pada gunung ini ada dibagian lingkarannya yakni 4km dari pusat kawah Gunung Bromo. Cukup mencengangkan memang fakta seputar gunung Bromo yang satu ini, tapi begitulah adanya, sobat.


-         Gunung Bromo ini juga sulit untuk didaki karena mempunyai kemiringan yang sangat terjal hingga kurang lebih 60 sampai 80 derajat. Selain itu juga didalam wisata Gunung Bromo ada juga atraksi yang unik ketika matahari akan terbit. Dibulan Desember atau Januari yang mana bertempatan pada tanggal 14 dan juga 15 akan ada sebuah upacara yang dinamakan Upacara Kasada.

Dimana didalam upacara tersebut akan benda yang dikorbankan seperti hasil sawah, ladang ataupun hewan ternak yang akan dilemparkan langsung kedalam kawah Gunung Bromo. Tujuannya yakni sebagai ucapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Esa. Selama abad ke-20, gunung yang terkenal sebagai tempat wisata itu meletus sebanyak tiga kali, dengan interval waktu yang teratur, yaitu 30 tahun. Letusan terbesar terjadi 1974, sedangkan letusan terakhir terjadi pada 2004.

Jadi itulah beberapa Fakta-fakta Seputar Gunung Bromo. Dimana fakta-fakta tersebut bisa Anda jadikan pembelajaran sebelum mencoba berwisata ke Gunung Bromo. Okee, cukup sekian dari kami. Upss, ada yang kurang, kebetulan jika Anda membaca artikel ini, maka Anda juga perlu membaca artikel kami seputar daftar tempat wisata untuk liburan di Bromo yang mana akan membuat Anda semakin penasaran terhadap Bromo itu sendiri. Untuk membacanya, silahkan klik disini. Terimakasih. J

Salam hangat,


Paketwisatatour.net
Related Posts
Ahmad Najmul
Keren, Modis, de el el

Related Posts